Website Kencang dengan Hosting DomaiNesia

GURUMUDA.WEB.IDWebsite Kencang dengan Hosting Domainesia – Suatu website bisa dikatakan nyaman bagi pembaca adalah salah satunya kecepatan untuk mengaksesnya. Kecepatan website itu sendiri tergantung kepada cara kita pintar memilih dimana tempat hostingnya.

Mengenai pengertian apa itu domain hosting, saya pernah menuliskannya berjudul:  Serunya Menjadi Guru Blogger di Era Digital.

Kali ini saya akan membahas dan berbagi seputar:

  • Memilih Tempat Hosting yang tepat
  • Paket Hosting Murah Domainesia
  • Apa itu Web Server

Memilih Tempat Hosting yang Tepat

Bagi blogger seperti saya, memilih penyedia domain dan hosting di Indonesia yang murah menjadi target utama. Namun, murah dan berkualitas itu hanya sedikit. Bagi guru atau siswa yang baru memulai membuat blog, lebih baik berani langsung membeli domain dan hostingnya. Pentingnya memiliki domain dan juga hosting dari awal akan menambah nilai tambah untuk jangka panjangnya.

Bagi Anda yang membutuhkan hosting untuk dijadikan sebagai media pembelajaran, bisa mecoba menggunakan layanan hosting yang disediakan oleh Domainesia. Murah berkualitas adalah jawabannya. Kenapa demikian?

Harga dimulai dari Rp. 8.000 untuk tiap bulannya. Sangat murah bukan?

Paket Hosting Murah Domainesia

Ada sejumlah paket yang disediakan oleh Domainesia. Mulai dari paket hosting personal sampai dengan paket bisnis.

4 Jenis Paket Hosting Personal:

  1. Lite
  2. Extra
  3. Super
  4. Monster

4 Jenis Paket Hosting Bisnis:

  1. Mikro
  2. Mega
  3. Giga
  4. Exa

Ke-4 Jenis Paket Hosting Personal  di atas ditargetkan bagi Anda yang ingin membuat website atau blog pribadi sederhana seperti Guru Muda, toko online pribadi, web sekolah atau web pemerintahan cocok untuk  menggunakan paket hosting ini.

#1. Paket Hosting Lite

Paket yang pertama adalah paket hosting Lite. Domainesia menyediakan paket Lite ini ditujukan bagi  kalangan pengguna pribadi, seperti blogger atau hanya untuk guru seperti saya yang menjadikan blog sebagai media pembelajaran.

Paket hosting Lite memang tergolong murah jika dibanding dengan paket hosting yang lain, yaitu hanya 8 ribu rupiah per bulan saja dengan bandwitcth unlimited, space disk 300 MB dan unlimited email.

#2. Paket Hosting Extra

Untuk paket hosting yang kedua kali ini memiliki beberapa tambahan fitur dari paket Lite. Apa saja tambahannya ? Silakan simak terus infonya. Pada paket hosting Extra, kamu mendapatkan Disk Space sebesar 750 MB. Jumlah disk tersebut lebih besar dibadingkan paket sebelumnya.

Bisa dikatakan 2,5 kali lebih besar jika dibanding jumlah disk space paket Lite, itupun kamu hanya membayar Rp. 16.000,- saja. Semakin besar paketnya, semakin murah. Paket Extra menyediakan fitur unlimited bandwith. Pada paket ini kamu bisa mengelola 5 website dalam satu hosting.

Jadi, jika kamu memiliki 5 web atau blog, kamu bisa mengkontrolnya melalui satu hosting saja. Jika dibandingkan paket Lite, Paket yang satu ini bisa menghemat waktu kamu dalam mengkontrol beberapa web. Pasalnya paket Lite hanya menyediakan satu website saja.

Selain itu paket Extra juga menyediakan fitur unlimited email untuk brand kamu. Silakan buat sesuka hati. Informasi mengenai spesifikasi harware dari paket Extra adalah menggunakan CPU 0.75 Core dan RAM sebesar 512 MB.

#3. Paket Hosting Super

Paket personal ke-3 adalah paket hosting super. Sesuai dengan namanya, paket ini menyediakan berbagai fasilitas super duper yang pastinya cukup untuk menyimpan file website Anda sebanyak 2 GB. Selain itu, di paket hosting Super ini, Anda bisa mendapatkan unlimited bandwith, unlimited website, bahkan unlimited Email yang bisa kamu dapatkan.

Dengan membayar hanya Rp. 32.000,- per bulan kamu sudah bisa Go Online dengan Domainesia. Silakan buktikan saja. Domainesia termasuk salah satu layanan penyedia web hosting murah di Indonesia.

Ada satu fasilitas lagi yang buat kamu ingin segera membeli paket hosting super. Apakah fasilitasnya ? Dengan membeli paket hosting super di domainesia kamu bisa mendapatkan free domain alias gratis. Tentu saja untuk mendapatkan gratis domain, kamu harus membeli paket hosting Super dalam jangka 1 tahun.

Untuk masa aktif domain gratis ini juga hanya untuk satu tahun pertama. Kalau untuk perpanjang domain gratisan ini kamu diwajibkan untuk membayar. Berikut adalah daftar domain gratis yang berlaku saat membeli paket hosting super.

Ekstensi domain com, net, org, info, us, name, pw, co.id, ac.id, sch.id, or.id, biz.id, my.id, web.id. Nah, itulah daftar ekstensi domain yang bisa didapatkan secara gratis selama satu tahun untuk pembeli paket hosting super dalam jangka waktu satu tahun.

Perlu kamu tahu bahwa paket hosting Super menggunakan hardware dengan spesifikasi berikut. Menggunakan CPU 1 Core dan sudah menggunakan RAM 768 MB, jadi akses websitenya semakin cepat.

#4. Paket Hosting Monster

Masih merasa kurang dengan disk space SSD yang disediakan pada paket Super  dari Domainesia?

Tenang saja, Domainesia masih memberikan paket personal web hosting yang pastinya akan menambah kemudahan serta keleluasaan bagi Anda dalam mengupload file-file besar di website. Paket Hosting Monster sendiri menyediakan Disk Space SSD sebesar 5 GB yang bisa menampung banyak file. Biaya paket ini adalah Rp. 64.000 per bulan.

Fasilitas lain di Paket Monster ini adalah unlimited bandwith yang pastinya sangat membantu Anda menjaga website agar tetap lancar dikunjungi banyak pengunjung secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas unlimited website, jadi Anda bisa menyimpan banyak website di dalam satu hosting.

Paket Hosting Bisnis Domainesia

1. Paket Hosting Bisnis #Mikro

Pilihan paket Mikro cocok bagi Anda yang baru saja startup dalam sebuah bisnis. Dengan membayar Rp. 80.000/bulan, Anda mendapatkan SSD Disk Space sebesar 6 GB, fasilitas lain ada unlimited bandwith, unlimited website dan unlimited email.

2. Paket Hosting #Mega

Paket ke-2 untuk para pebisnis menengah kebawah yaitu paket Mega. Paket Mega menyediakan fasilitas lebih besar disk spacenya ketimbang paket mikro. Dengan menggunakan paket Mega ini, Anda bisa mendapatkan disk space sebesar 12 GB untuk menyimpan banyak data.

Selain itu, Hardware yang digunakan pun sama dengan paket hosting bisnis yang lainnya dengan RAM 2 GB dan CPU dual Core. Harga paket Hosting Mega adalah Rp. 320.000/ bulan. Jangan khawatir, fasilitas unlimited yang lainnya pasti kamu dapatkan di paket Mega ini.

3. Paket Hosting #Giga

Semakin besar bisnis Anda, semakin tinggi pula kebutuhan hosting dalam sebuah website yang diperlukan. Dengan biaya Rp 320.000/bulan, fasilitas unlimited juga bisa Anda dapatkan dipaket  Giga ini. Ada juga free domain tanpa minimum order.

4. Paket Hosting #Exa

Untuk perusahaan yang siap Go Online International, Paket Hosting Exa layak untuk digunakan. Dengan membayar sebesar Rp. 640.000/bulan, website perusahaan Anda sudah bisa disimpan pada hosting sebesar 48 GB dan juga mendapat fasilitas unlimited juga.

Setelah Paket Hosting yang disediakan Domainesia dijelaskan secara runut. Saatnya kita ketahui juga tentang Apa itu Web Server.

Web Server menurut Wikipedia adalah pelayan web yang bisa merujuk pada perangkat hardware ataupun software, yang menyediakan layanan pada user melalui protokol HTTP atau HTTPS atas file-file yang ada pada suatu situs web dalam layanan ke user dengan memakai aplikasi pembuka web.

Masih bingungkah???

Baiklah, kita baca secara perlahan….

Pemakaian webserver adalah sebagai penghubung antara server dan browser. Tetapi, amun dalam  penggunaannya diperluas lagi sebagai tempat peyimpanan data dan sebagai perangkat untuk menjalankan sejumlah aplikasi untuk kepentingan bisnis.

Dari penjelasan di atas, maka bisa bahwa webserver adalah software atau hardware yang berfungsi sebagai pemberi data kepada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Opera, UC Browser, dan Safari, dimana fungsinya supaya browser bisa menampilkan halaman website tertentu.

Apa Fungsi Web Server dalam Internet?

Fungsi dari web server adalah untuk mentransfer file permintaan melalui protokol HTTP atau HTTPS yang telah ditentukan di awal. Jika Anda tahu, halaman web memiliki banyak data, diantaranya : berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.

Data-data inilah yang dikirim dari web server ke client yang berupa web browser.

6 Jenis-jenis Web Server diantaranya adalah:

  1. Apache
  2. Apache Tomcat
  3. Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
  4. NginX
  5. Zeus
  6. Sun Java System

Di dunia website ataupun skala bisnis, ada beberapa webserver yang paling sering digunakan untuk menjalankan server web maupun skala bisnis, berikut penjelasannya.

Bagaimana Cara Kerja dari Web Server?

Bagi Anda yang bingung dengan cara kerja dari web server, mari baca penjelasan ini juga secara perlahan…

Web server adalah sebuah mesin yang di install sebuah software atau aplikasi yang beroperasi untuk memberikan data sebuah halaman website ke pengguna.

Untuk bisa menghubungkan Web Server dan Web Browser caranya dengan menggabungan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia.

Jika semua jaringan internet sudah terhubung secara fisik; Protocol TCP & IP, maka semua komputer di seluruh dunia bisa terhubung satu sama lainnya.

Kesimpulan:

Untuk memiliki website kencang haruslah cerdas memilih tempat hosting, lalu memilih paket yang tepat. Selanjutnya adalah mengetahui web server seperti apa yang dimiliki oleh penyedia hosting tersebut.

Semoga Bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: