Cara Perbaiki Blog Supaya Lebih SEO

Menjadi guru blogger -guru yang senang ngeblog- memperbaiki blog Guru Muda Supaya Lebih SEO menjadi tugas tambahan untuk mengisi liburan saat Virus Corona cukup membuat gaduh semua orang di dunia.

Tak terkecuali bagi warga Indonesia. Imbasnya juga di dunia pendidikan. Selama dua pecan kegiatan belajar mengeajar di lembaga formal – Sekolah- terpaksa harus diliburkan.

Sebagai penggantinya, guru menugaskan kepada siswa untuk belajar secara online.

Banyak cara yang dilakukan guru dalam memberikan tugas secara online. Ada yang mengirimkan foto melalui social media seputar kegiatan anak-anak di rumah.

Ada juga yang melakukan pembelajaran tatap muka secara online dengan video conference yang pernah saya lakukan.

Bagi saya, diam di rumah selama berhari-hari, dan tidak keluar rumah bukanlah penjara. Justru saya hanya tersenyum, entah bersyukur atau sedih.

Yang jelas meskipun tidak ada kegiatan di luar, harus selalu ada yang dikerjakan meskipun di dalam rumah. Dan ini memang tidak begitu sulit bagi saya.

Karena memang aktivitas sehari-hari saya lebih banyak indoor ketimbang di luar.

Menjadi guru blogger, artinya guru yang senang menulis di blog adalah aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan, meskipun blog Guru Muda ini jarang dikasih nutrisi akhir-akhir ini. Karena saya sedang merintis blog baru dengan niche yang berbeda.

Berbenah Blog Supaya Enak Dibaca

Terinspirasi dari beberapa guru yang merasa terkekang cuma tinggal di rumah, akhirnya saya menulis di blog. Saya lihat-lihat lagi tulisan yang ada di blog Guru Muda ini.

Ternyata oh ternyata blog yang terakhir kali ditulis pada bulan…. Cukup amburadul dari segi tampilan dan kualitas kontennya.

Bukan tanpa sebab, mungkin saya terlalu serius merintis blog baru yang harus setor menulis artikel 1000 kata per judul.

Bagaimana Saya Memperbaiki Blog Supaya Lebih SEO

Supaya blog lebih bermanfaat dan dibaca banyak orang, otomatis blog harus diurus, dengan segera saya perbaiki supaya blog lebih SEO. Artinya lebih bersahabat di mata pencarian google maupun bing.

SEO sendiri singkatan dari Search Enging Optimation, dimana…..

Melakukan SEO dengan Cek di Blog Sendiri

Langkah pertama yang saya lakukan untuk memperbaiki seo blog adalah mengecek semua yang ada di blog Guru Muda ini. Mulai dari tampilan gambar, jumlah artikel, tata letak, permalink, dan lain lain.

Yang sangat jelas terlihat banyaknya kekurangan di blog Guru Muda ini adalah dalam urusan permalink dan gambar. Ini akibat migrasi dari blogger.com (sebelumnya) ke hosting pribadi dengan cms wordpress.

Untungnya di WordPress, banyak plugin yang memudahkan saya untuk mengembalikan performa kualitas blog. Meskipun tidak 100% tersedia di plugin. Tetap harus ada yang diperbaiki secara manual.

Gambar thumbnail menjadi perkara yang harus diperaiki secepatnya. Karena pembaca blog setia cukup terganggu dengan tidak adanya thumbnail di atas judul artikel.

Maka, saya harus meng-upload secara manual supaya anatara artikel dan gambar saling berkaitan, dan bagus dalam segi SEO blognya.

Lihat perubaan yang saya buat, dimana gambar yang satu thubmnailnya tidak Nampak. Sementara gamar kedua, thumbnail terpasang menghiasi artikel yang sudah dipublish.

Untuk blog lebih SEO, saya lakukan Cek di Smallseotools

Saya iseng mencari nilai DA PA blog Guru Muda ini. Apa itu DA dan PA sebuah blog?

Domain Authority (DA) adalah nilai dari sebuah blog yang dikembangkan oleh moz.com.

Nilai DA biasanya berkisar dari 0 – 100, sebagai acuan bagi Google dalam memprediksi seberapa bagus peringkat sebuah website atau blog pada halaman hasil mesin pencari .

Sementara Page Authority atau PA adalh istilah SEO untuk mendeskripsikan sejauh mana sebuah halaman tertentu yang sering terbaca di mesin pencari.

Semakin sering tulisan berada di halaman pertama Google, misalnya, maka tulisan yang lain akan ikut ternilai bagus di halaman utama pada mesin pencari.

Blog yang mempunyai PA tinggi, bakal mudah mendongkrak posisi artikel lain supayaberada di halaman utama

Berapa nilai DA dan PA blog gurumuda.web.id?

Saya cek blog guru muda ini di smallseotools untuk mencari nilai DA dan PA, ternyata bisa dilihat hasilnya bahwa NIlai DA: 12 dan Nilai PA: 23.

Nilai DA PA blog gurumuda.web.id seperti gambar di bawah ini:

cek nilai da pa supaya blog lebih seo

Masih kurang untuk ukuran blog professional. Perlu dimaklumi dan juga patut disyukuri.

Karena untuk mendapatkan nilai da dan pa yang tinggi itu tidak mudah. Karena banyak factor untuk menaikkan nilai DA dan PA pada sebuah blog. Salah satunya dengan backlink yang berkualitas.

Memperbaiki SEO Sesuai dengan Keinginan YOAST

Apa itu YOAST?
Yoast adalah sebuah plugin gratis (ada juga premium) yang akan membantu seorang blogger menulis artikel SEO. Namun, bagi yang ngeblog di blogger.com tidak bisa menggunakan fasilitas ini.

berhubung saya saat ini sudah memakai cms wordpress, maka saya memanfaatkan plugin yang gratisan ini supaya artikel yang saya buat berkualitas untuk sebuah blog SEO.

Namun, saya harus memastikan untuk benar-benar memenuhi indikator yang sesuai dengan plugin YOAST itu sendiri.

Tujuannya adalah kualitas artikel berkualitas, dengan SEO Analysis Yoast akan ditandai dengan warna hijau semua:

Outbound links

Artinya saya harus menambahkan satu atau beberapa link keluar atau artikel lain untuk menjadi sumber/referensi dari artikel yang sedang saya tulis. Tips: Pilih sumber artikel yang jelas dan relevan.

Internal links

Indikator ini menyatakan bahwa sebaiknya saya menambahkan beberapa link yang mengarah ke artikel lain yang relevan di blog saya.

Misalnya, ketika Anda mengklik tulisan ‘guru blogger’ dan langsung diarakan ke artikel yang bergubungan dengan blog, maka saya harus membuat internal link.

Caranya, kata guru blogger diblok, lalu klik link. Pilih artikel mana yang akan dibuatkan internal linknya. Klik Apply

cara membuat internal link

Keyphrase in introduction

Indikator ini bermaksud bahwa keyword atau kata kunci yang menjadi fokus tulisan dalam artikel ini sebaiknya disebutkan di paragraph pertama. Lihat tulisan pada paragraf pertama di atas.

Keyphrase length

Indikator ini menunjukkan jumlah kata untuk keyword/kata kunci yang ditargetkan.

Yoast memberikan jumlah kata maksimal 4 kata saja. Namun, dikarenakan Bahasa Indonesia belum ada terjemahan untuk function word Yoast, maka saya bisa menargetkan keyword sepanjang 6 kata.

Keyphrase density

Indikator ini menunjukkan perbandingan jumlah kata dan jumlah keyword yang ada di dalam artikel.

Keyword density yang bagus berada di range 0.5 – 3%. Tips: Jangan mengulangi keyword dalam jumlah yang banyak. 9 ulangan kata kunci

Keyphrase in meta description

Indikator ini menunjukkan bahwa saya harus menyebutkan keyword di dalam meta deskripsi pada artikel .

Meta description length

Indikator ini akan mengecek panjangnya karakter di meta deskripsi. Indikator ini akan hijau jika jumlah karakter di meta deskripsi saya berada di angka 122 – 160 karakter.

Previously used keyphrase

Indikator ini menunjukkan apakah saya sudah pernah menargetkan keyword ini atau tidak.

Jangan perna membuat dua artikel yang menargetkan dua keyword yang sama, karena hal ini akan dianggap sebagai keyword cannibalization.

Keyphrase in subheading |

Indikator ini akan menyarankan saya untuk menyebutkan keyword di dalam sub heading saya, baik itu di H1, H2, H3, H4, H5 ataupun H6.

Image alt attributes

Indikator ini akan memeriksa apakah gambar yang ada di dalam artikel memiliki alt attributes yang mengandung keyword atau tidak.

Text length

Indikator ini akan menunjukkan jumlah kata yang terkandung di dalam artikel yang sedang dioptimasi. Bagusnya artikel lebih dari 1000 kata. Tulisan ini pun jumlahnya 1225 kata. Lebih dari cukup untuk sebuah artikel untuk blog.

Keyphrase in title

Indikator ini menyarankan untuk memasukkan keyword ke dalam judul artikel.

SEO title width

Indikator ini akan menghitung panjang dari judul untuk tujuan SEO saya atau judul yang tampi di laman penelusuran search engine.

Judul terlalu pendek atau terlalu panjang dinilai jelek untuk SEO title. Sangat direkomendasikan jumlah huruf untuk judul berkisar antara 122 – 160 karakter).

Keyphrase in slug

Indikator ini akan mengecek apakah saya sudah menyebutkan keyword di dalam slug atau tidak.

Kesimpulan

SEO analysis hanyalah sebuah alat yang bekerja berdasarkan algoritma. Untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan enak dibaca adalah konten yang akan dibaca oleh manusia.

Bukan sekadar tulisan yang panjang, namun tidak dimengerti pembaca blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: