Guru Muda Di Mata Siswa, Complete!!!

Sebagai bahan evaluasi bagaimana cara mengajar Guru Muda di depan Siswa/i kelas VIII di MTs IQRO Leles, Garut, saya memberikan tugas online kepada mereka.

Yang mana tugasnya harus mereka ketik di aplikasi pengolah kata seperti WPS Office. Mereka saya tugaskan secara online dengan tugas yang sangat sederhana.

Pertanyaannya adalah:

“Bagaimana kesan kalian selama diajar oleh Guru Muda sebagai guru mata pelajaran Quran dan Hadist?”

Berikut jawaban dari mereka yang telah menyelesaikan tugasnya:

Sherly Maulia Apriliani: “Belajar Jadi Tidak Bosan”

Assalamualaikum wr.wb
Semenjak saya masuk ke kelas 8 ku mengira guru al qur’an hadist itu galak dari mukanya tapi kenyataanya guru al qur’an hadist itu baikk,

Dari pembelajaranya pun sangat beda karena guru al qur’an hadist itu ketika belajar ada ada kreatifnya guru al qur’an hadist itu belajarnya dengan cara ada saatnya belajar dan ada saatnya bercanda.

di situlah saya mulai merasa menyukai seorang guru alqur’an hadist itu karena dari pembelajaranya sangat menyenangkan,tidak membosankan dan guru al qur’an hadist itu sangat kreatif dalam tahap pembelajaranya.

Dan memberanikan kita untuk memperlihatkan kemampuan kitaa seperti menulis di depan, rangking 1,dan banyak hal lainya,namun sayangnya guru al qur’an hadist itu jarang tidak hadir di kelas kami,tapi tidak apa²semoga kedepannya menjadii sering hadi.

Guru al qur’an hadist itu atau yang suka di sebut dengan gru muda selalu memberikan kita motivasi,jika ada misalkan murid yang tidak memperhatikan jika beliau sedang menerangkan murid itu gk di marahin tapi di beri aman.

Saya kagum sekali dengan guru muda karena selana mengajar selalu bersabar,karena guru muda itu memberikan yang terbaik untuk kami,dan mampu meningkatkan motivasi kami dalam belajar lebih giat lagi dan semangat menghadapi sulitnya mata pelajaran yang di berikan kpd kami saya bangga dengan bapk guru muda karena bpk guru muda itu seperti pahlawan tanpa tanda jasa.

pk roni adalah guru terbaiku,beliau sudah menjadi gru tetap di sekolah kami,Beliau mengajar kami dengan. penuh semangat dan rasa percaya!)

Cindy Herlinda: “Jam Terakhir Nggak Bikin Boring”

Assalamualaikum wr.wb
Kepada yang Terhormat Bapak Guru Muda MTs Iqro
Saya Ingin Memberikan Pesan dan Kesan Saya Sewaktu Belajar Dengan Guru Muda.

Hari pertama belajar dengan bapa saya merasa gugup, tetapi setelah satu bulan pertama Alhamdulillah tidak merasa Canggung lagii Karena proses pembelajaran yang di iringin dengan Bercanda,bermain membuat kenyamanan tersendiri.

Begitupun materi yang di berikan tidak terlalu berat Belajar dengan efektif edukatif di iringi dengan game becanda Dan itu adalah proses pembelajaran yang tidak boring Walaupun pelajaranya di jam terakhir tetapi tidak membosankan.

Selalu ada cerita cerita yang di ceritakan. Pengalaman pengalaman yang di ceritakan untuk membuat Pembelajaran,belajar dengan guru muda tidak hanya kecerdasan yang dilatih Tetapi mental kesiapan diri untuk berbicara di depan mental yang kuat tidak mudah tersinggung.

Membuat lebih Semangat dalam belajar, Lebih Efektif da Ramai. Gurunya juga tidak membosankan,dan Metode pembelajaranya pun bagus.

Sekian Dari Saya Maaf jika ada kekurangan atau penulisan yang salah
Saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi توفيق والهدية wassalu’alaikum warahmatullahi في wabarakatu.

Rahma Aulia: “Guru Muda Dikira Galak, Kenyataannya Lebih Galak

Pada awalnya,saya kira bapak adalah guru yang galak(hehe maaf pak),tapi kenyataanya tidak. Bapak adalah guru yang mempunyai sifat yang humoris dan suka bikin tegang. Belajar bersama bapak merupakan hal yang terindah yang hanya dapat dirasakan oleh saya sendiri.

Dibalik sikap ketegasan bapak tersimpan beribu pelajaran yang dapat saya ambil,salah satunya adalah belajar disiplin waktu. Metode pembelajran yang berbeda dari guru guru yang lain,merupakan semangat pribadi bagi diri saya sendiri.

Tapi sayang pak,kelas VIIIA ketinggalan materi. Pak ulang dong pelajran imla. Dari tutur kata yang lembut tersimpan beribu motivasi yang dapat ku tangkap. Larangan demi larangan yang bapak ingatkan kepada kami menjadikan lebih semangat tersendiri dalam menjalani kerasnya hidup.

Nasihat nasihat yang diberikan insyaallah akan aku amalkan. Tertawa bersama dengan penuh kebahagiaan. Walau hanya sebentar belajar bersama bapak tetapi banyak pelajaran yang dapat saya rasakan sudah masuk kedalam akal fikiranku.

Pelajaran yang menarik dan tidak mudah bosan menenangkan perasaan siswa yang galau karena ingin pulang.

Pak lebih ditingkatkan lagi dong materinya. Tapi saya lebih suka pembinaan yang menurut saya jauh lebih mengerti daripada materi. Waktu pertama kali saya lihat bapak,jujur perasaan saya tegang. Tapi seiring berjalannya waktu,perasaan itu hilang tanpa bekas.

Beribu motivasi,pelatihan mental yang pernah diberikan menjadikan ku lebih tegar dalam menghadapu rintangan. Pelatihan fisik menjdikn ku lebih kuat.

Perlajran tes IQ kecerdasan dalam menngkap daya ingat malatih fikiran,kode kode perkataan ataupun gerak gerik bapak terkandung beribu hikmah yng selalu ku ambil.

Pertanyaan pertanyaan yang sering bapak lontarkan menjadikan kami berfikir. Kami tahu pak marahny bapak bukan karena kesal tapi rasa sayang dan takut kami terjerumus kedalam pergaulan yang berbahaya.

Sifatmu yang tak mengenal lelah menjadikan kami paham bahwa kebehsilan tidak bisa dicapai dengan angan angan saja,tetapi selalu berikhtiar dan bertawakal kepada allah swt.

Dengan penuh semangat kau ajarkan kami yang tak paham apa apa. Terima kasih pak,Atas semua pengorbanan bapak yang selalu mengorbankan waktu dan tenaga semoga pengorbanan ini menjadikan balasan terbaik untuk amal yang sedang bapak kerjakan.

Melani Suryaning Tiyas: “Sebelum Belajar, Dongeng Dulu”


Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh
waktu saya pertama kali belajar Pelajaran Al Qur’an Hadist.
Saya tidak tau siapa guru Qurdist itu?

Ternyata guru Qirdist itu baik dan menyenangkan.Setelah bapak mengajarkan kami Pelajaran ini.

Bapak memberikan yang terbaik untuk kami dan mampu meningkatkan Motivasi kita dalam belajar menjadi lebih giat dan tambah semangat.jangan bosan untuk mengajar di kelas VIII A.

karena bapak memberikan motivasi belajarnya menjadi efektif.Dan menjadikan Kelas 8A ini selalu bersemangat ketika belajar pelajaran ini.Bapak mengajarkan kami banyak hal. Mulai dari mendongeng, memberi soal, Dan lainya.

Untuk pelajaran ini tidak membosankann karena selalu membuat kelas kami ini penuh dengan seyuman.Ketika Bapak mengajar kami,waktu pertama kau masuk kau terlihat cuek.

Tapi dalam hati kau Sungguh Baik,kau mengajarkan kami Al Qur’an Hadist yang cukup penuh semangat.Dan membuat kelas 8A menjadi Tersenyum atas Kata kata yang lucu atau penuh dengan gombalan.Waktu bapak memulai pelajaran semua orang melarang karena ingin ada game dulu.Untuk mengatur kecerdasan siswa-siswi.

Tapi bapak menuruti semua kata kata itu.Jadi kalau Belajar dengan bapak semuanya penuh kecandaan.sesudah kecandaan Melanjutkan pelajaran Al Qur’an Hadistnya.

Tapi bapak mengajarkan tidak cukup berat.Waktu itu ada permainan sebuah komedi dengan menulis di kertas Huruf A,B,C,D.sesudah itu bapak mengasih soal lalu kita membawa kertas sambil di angkat.

Yang kalah di depan diam,ternyata kesini demi kesini yang menang adalah Nita dan najwa.Yang kalah di suruh beres-beres dulu.

Karena yang menang harus diam atau pulang duluan.

Pas waktu hari rabu kemarin bapak memberikan soal kepada kelas 8A.Ternyata bapak tidak hadir atau tidak masuk.waktu hari kedepannya bapak hadir,bapak langsung memberikan kita permainan dulu.Karena biar semuanya rileks dalam menghadapi soal.

Bapak belum memulai pelajaran bapak masih akan memberikan cerita yang bapak ketahui.Setelah itu bapak menceritakan kejadian buruk yang di timpa seseorang. Bapak memceritakan dari awal hingga akhir,Namun pada akhirnya bapak Menakutkan semua kelas 8A.

Semua orang mengira itu hantu akan ada ternyata bapak mengagetkan dengan sebutan “iiiiiiiyyyyyyyaaaaaaaa”Sambil teriak.di dalam kelas semua teriak sambil ketawa-Ketawa.Sesudah itu bapak memulai pelajarannya.Tetapi semua kelas ingin bapak menceritan lagi apa yang bapak ketahui.

Tetapi bapak bilang”Nanti aja kalau ada waktu lagi”

Tetapi ketika bapak menerangkan tugas semua orang terlihat lese dan bosan.

Tetapi pelajaran Qurdist ini mengambil banyak pengalaman mulai dari Mad,Rezeky,dan kebahagianku adalah kebahagian anak Yatim.Tapi misalnya kalau bapak mau menerangkan bapak memberikan permainan dulu biar belajarnya tambah efektif.

Setelah itu bapak memberikan sebuah PR Yaitu”Membuat kisah nyata selama belajar sama Bapak Al Qur’an Hadist.

Dengan menggunakan Aplikasi WPS.Tetapi hampir semua orang berpendapat Pelajaran ini sangat menyenangkan.

Tetapi menurut saya juga Menyenangkan karena suka bercanda dulu dan suka ketawa ketawa.orang yang lagi merasa ada masalah menjadi tersenyum menutupi masalah yang di alaminya.

Dicukupkan sekian atas pendapat yang saya berikan mohon maaf bila ada salah kata yang masuk kedalam hati bapak mohon maaf sebesar besarnya terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Raihani Nasli Hilali Tsani: “Selalu Ada Game”

Nama saya Raihani Nasli Hilali Tsani, saya siswa kelas VIII A MTs Iqro Leles Garut. Saya dikatakan siswa baru di sekolah, karena saya merupakan siswa pindahan dari salah satu sekolah swasta di Garut Kota.

Awal saya masuk ke kelas VIII A, emang masih belum nyaman karena masih dalam tahap sosialisasi , tapi dengan seiring berjalannya waktu Alhamdulillah saya di kelas semakin betah dan semakin akrab dengan teman teman dan guru.

Saya lebih nyaman berada di kelas, apalagi dengan pelajaran yang di sampaikan oleh guru guru yang cara penyampai sangat menarik dan selalu menghibur secara tidak langsung lewat leluconnya dan cerita ceritanya saat siswa nya telah jenuh belajar. Seperti guru Al-Quran Hadits, iya benar beliau adalah Pak Roni.

Awal saya tau Bapak, awalnya biiasa aja sihh, tapi lama kelamaan jadi suka malu karena pernah keceplosan pas masih waktu perkenalan.

Ditambah lagi di pertemuan berikut berikut nya saya sering gak nyadar kalo muka saya sering koang plus caley ketika bapak nerangin dan pernah bapa komen sehinnga temen temen langsung liat kearah saya dan jujur pas itu maluu, tapi jujur belajar bareng bapa itu seruuu, gak jenuh, terus jarang ada pr lagii,, pokonya rameee, bapa suka ngelucu.

Terus cara bapa nyampain materi itu unik, bukan unik sihh lebih tepatnya gak ngejenuhin karena di sela sela materi bapa selalu nyempilin cerita atoo lelucon jadi murid murid nya pada ketawa dan pastinya materinya juga gampang masuk.

Apalagi pas nerangin bab berapa gituu bapa pas neranginnya sambil nyelapin cerita yang Pangandaran Pangandaran ituu, ituu ramee terus materi nya masuk dan ngehibur juga, terus lewat kata kata, kalimat kalimat, paragraph paragraph yang bapa ucapin selalu ada kata kata sunda yang nyeletuk tapi itu cuma ngelucuu, tapi sihh ngak nyeletuk nyeletuk juga.

Pokonya belajar bareng bapa itu sangat sangat sangat sangat rameeee, gak bosen, tapi agak takut soalnya bapa bisa nebak nebak atoo baca baca pikiran gituu, eh bener gak sihh?

Ahh pokonya itulahh,, soalnya bapa bisa hipnotis jadi ada takut nya dikit dikit, tapi emang ramee juga, soalnya bapa salah satu dari banyak guru favorit saya.

Kenapa bapa termasuk guru favorit sayya? Karena cara nyampain materi nya, terus bapa suka cerita cerita dan ngelucu, atoo suka ngasih game yang rame rame, dan satu lagi bapa jarang ngasih pr.

Tapiiiii, ada tapinya, tapinya tehhh,, bapa jarang masuk ke kelas VIII A, secaraVIII B materinya udaa jauh sedangkan VIII A, baru seencret alias dikit.

Saya selaku anggota kelas VIII A agak sirik, iri dan lain lain karena secara materi ketinggalan dan emang suka aja kalo bapa hadir bisa denger ceerita baru dan jadi nambah info daei cerita cerita tersebut,, bisa dikatakan saya selaku salah satu anggota kelas VIII A cemburuu,,

tapi gak terlaluu. Soalnya sebelum dzuhur suka denger suara bapa tapi uda dzuhur bapa gak ada ke kelas VIIIA.

Emang saya ngerti kalo bapa banyak kesibukan lainnya selain buat ngajar ke kelas kami yang suka ribuut gak jelas, yaa tapi kami juga ingin ilmu dari bapa.

Makasih selama ini, selama kurang lebih hampir satu semester bapa ngajar, dengan penuh sabar dengan tingkah laku VIII A. Sekali lagi Makasiii banyakk atas ilmu yang bapa berikan.


Inti dari semua ini saya, merasa nyaman dengan cara bapa menyampaikan materi, dan dengan segala game game yang bapa berikan, dam pastinya bapa jangan berubah jadi tipe guru yang tiap pertemuan ada pr.

Makasii jugaa atas materi dan waktunya, yaa walaupun bapa jarang hadir, bahkan saat PTS pun bapa tidak hadir, yaa tapi saya memaklumi semua ituu.

Ya intinyaa selama belajar dengan bapa ituuu ramee, gak bosen dan gak bikin ngantuk, apalagi pelajaran bapa pelajaran terahkir sebelum pulang jadi ke kita nya jadi semangat waloo kadang kadang sering gak fokus karena pen cepet pulang.

Yaa pokonnyaa cara bapa menyampaikan materi sangat bagus dan cepet keserep otak walo kadang suka lupa.

Sekian sepenggal kesan belajar dengan bapa. Belajar dengan bapa itu sangat menyenangkan. Sekali lagi Terima Kasihh.

Catatan:

Mohon maaf jika tulisannya masih kurang bagus dari segi EyD. Karena ini ASLI dari tulisan anak-anak.

Tugas belum semua terkumpulkan (nanti ditambah lagi)

Surat Cinta untuk Guru

Guru Muda
1 min read

Kelas Siswa: Mapel Quran Hadist Bab III Kebahagiaan Anak…

GURUMUDA.WEB.ID – Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk yang senantiasa mengadakan hubungan dengan sesamanya. Di dalam masyarakat mereka pun menciptakan lingkungan saling tolong-menolong satu sama...
Guru Muda
9 min read

Kelas Siswa: Mapel Qurdist Bab II Kugapai Rezeki-Mu, Dengan…

GURUMUDA.WEB.ID – Kelas Siswa: Mapel Qurdist Bab II Kugapai Rezeki-Mu, Dengan Ikhtiarku – Di antara manusia, banyak orang yang mendapatkan rezeki dengan sangat mudah....
Guru Muda
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: